Kabar Sekolah

Berprestasi dan Berkembang: Menggali Ekstrakurikuler di SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah – Sekolah Menengah Atas (SMA) bukan hanya tempat untuk mengejar keunggulan akademis, tetapi juga sebagai ladang subur untuk menggali potensi dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Dalam lingkungan pendidikan yang semakin dinamis, peran ekstrakurikuler menjadi krusial dalam membentuk siswa menjadi individu yang berprestasi dan berkembang holistik.

SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan bukan hanya sekadar tempat belajar akademis, tetapi juga panggung bagi siswa untuk mengeksplorasi, mengasah bakat, dan membentuk karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Ekstrakurikuler, atau ekskul, menjadi bagian integral dari pengalaman belajar di SMAIT ABSP sendiri, yang tidak hanya menawarkan kesempatan untuk meraih prestasi, tetapi juga untuk membangun keterampilan dan kepribadian yang kokoh.

Salah satu keunggulan ekskul di SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan adalah keberagamannya.

Dari Jurnalistik, Sinematografi, IT dan Pemograman, Olahraga, hingga kegiatan sosial, siswa memiliki pilihan yang beragam sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Ini memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk menemukan passion mereka dan merasakan kebahagiaan dalam melakukan aktivitas yang mereka cintai di luar lingkungan kelas.

Ekskul di SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan seringkali menjadi tempat bagi siswa untuk mengukur kemampuan dan pencapaian mereka dalam kompetisi.

Mulai dari lomba akademis, kejuaraan olahraga, hingga pertunjukan seni, ekskul memberikan panggung bagi siswa untuk mengasah keterampilan mereka dan mendapatkan pengakuan atas prestasi yang telah mereka capai.

Ekskul SMAIT ABSP juga berperan penting dalam membantu siswa menyeimbangkan beban belajar dan kegiatan sosial.

Dengan terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler, siswa tidak hanya mengembangkan diri secara akademis tetapi juga memiliki waktu untuk bersosialisasi, melepaskan stres, dan menjaga keseimbangan kehidupan sekolah.

Keikutsertaan dalam ekskul di SMA dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Kemampuan yang diperoleh dari ekskul, baik itu keterampilan teknis maupun keterampilan lunak, memberikan pondasi yang kokoh untuk masa depan yang sukses.

Banyak universitas dan perusahaan menghargai pengalaman kepemimpinan dan prestasi di bidang ekstrakurikuler.

Nah, selanjutnya bagi yang penasaran terkait ada apa saja sih dan manfaat terkait ekskul yang ada di SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan, Simak di bawah ini :

  1. Jurnalistik

Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik memiliki tujuan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, analitis, dan detail. Dilanjutkan dengan proses mencari, menggali, mengolah, dan menyampaikan berita, baik dalam bentuk tulisan, gambar, maupun video. Ekskul jurnalistik juga mengajak peserta mempelajari sastra dan kepenulisan karya ilmiah.

  1. Sinematografi

Ekstrakurikuler sinematografi merupakan kegiatan yang memfokuskan pada pemahaman seni dan proses pembuatan film. Siswa yang terlibat dalam ekskul ini akan terlibat dalam berbagai aspek produksi film, mulai dari perencanaan, pengambilan gambar, hingga penyuntingan.

  1. IT dan Pemograman

Ekstrakurikuler IT dan pemrograman adalah kegiatan yang ditujukan untuk mengajarkan siswa tentang dasar-dasar teknologi informasi dan keterampilan pemrograman. Dalam ekskul ini, siswa akan terlibat dalam belajar cara membuat perangkat lunak, memahami algoritma, dan memecahkan masalah menggunakan bahasa pemrograman.

  1. Handycraft

Ekstrakurikuler handycraft adalah kegiatan yang menekankan pada pembuatan barang-barang kerajinan menggunakan tangan. Dalam ekskul ini, siswa belajar berbagai teknik seperti merajut, menyulam, membuat keramik, dan berbagai keterampilan lainnya.

  1. Bulan Sabit Merah Remaja ( BSMR )

Ekstrakurikuler Bulan Sabit Merah Remaja (BSMR) adalah kegiatan yang bertujuan untuk melibatkan siswa dalam kegiatan kemanusiaan dan bantuan sosial. Melalui BSMR, siswa diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, pendidikan kesehatan, dan aksi kemanusiaan.

  1. Futsal

Ekstrakurikuler futsal adalah kegiatan yang fokus pada pengembangan keterampilan bermain futsal, versi cepat dan kompak dari sepak bola. Dalam ekskul ini, siswa dapat belajar teknik dasar, strategi permainan, dan nilai-nilai seperti kerjasama dan sportivitas.

  1. Bela Diri

Ekstrakurikuler beladiri adalah kegiatan bertujuan untuk mengajarkan siswa teknik-teknik pertahanan diri, disiplin, dan etika beladiri. Dalam ekskul ini, siswa dapat belajar seni bela diri tertentu seperti karate, pencak silat, taekwondo.

  1. Pramuka SIT

Ekstrakurikuler Pramuka merupakan kegiatan di luar kurikulum yang menekankan pada pembentukan karakter, kepemimpinan, dan pelayanan masyarakat. Dalam ekskul ini, siswa terlibat dalam berbagai kegiatan petualangan, pengembangan keterampilan bertahan hidup, serta pelayanan kepada masyarakat.

Wah banyak sekali kan, kegiatan ekskul di SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan. Dengan segala manfaatnya, ekskul di SMAIT ABSP bukan hanya sekadar aktivitas tambahan, tetapi merupakan investasi dalam pengembangan pribadi dan akademis siswa.

Melalui ekskul, siswa tidak hanya mempersiapkan diri untuk ujian hidup di masa depan, tetapi juga membentuk kenangan berharga dan hubungan yang erat di sepanjang perjalanan mereka di SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan.***

Klik, Info lengkap SMAIT Assalaam Boarding School Pekalongan :

https://www.instagram.com/smaitassalaam?igsh=MW84Z3dhbHM1bDBzNA==

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *