Kabar Sekolah

Inspiratif : Praktek Manasik Haji SDIT Ulul Albab Pekalongan

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah – Pendidikan Keagamaan Islam di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan tidak lagi sebatas pada pembelajaran teoritis, tetapi telah merambah ke pengalaman langsung melalui praktek Manasik Haji. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang salah satu rukun Islam yang paling suci, sekaligus membangun kedekatan spiritual di kalangan siswa.

Pada Senin 22 Januari 2024, siswa-siswa dari kelas 6 SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan merasakan pengalaman unik melalui praktek Manasik Haji dan dilaksanakan di Islamic Center Kedungwuni Pekalongan .

Mereka secara langsung terlibat dalam simulasi perjalanan spiritual ke Tanah Suci, memberikan mereka gambaran nyata tentang tahapan dan makna dalam ibadah haji.

Tentunya, kegiatan ini melibatkan beberapa poin penting yang dirancang untuk memberikan gambaran nyata tentang ibadah haji.

Penanaman Karakter Melalui Praktek Manasik Haji

Kepala sekolah di SDIT Ulul Albab Pekalongan Khikmawati, S.Pd.I , menyampaikan pesan penting mengenai manfaat pelaksanaan Manasik Haji di lingkungan pendidikan. “Praktek Manasik Haji bukan sekadar kegiatan keagamaan, melainkan sebuah wahana edukasi yang mendalam. Melalui simulasi ini, siswa-siswa kami belajar bukan hanya teori, tetapi mereka merasakan dan memahami makna sejati dari ibadah haji.”

Manasik Haji menjadi landasan untuk membentuk karakter Islami sejak usia dini. Anak-anak belajar tentang nilai-nilai kesabaran, keikhlasan, dan rasa persaudaraan dalam konteks ibadah yang penuh kekhusyukan. Pengalaman ini juga membuka jendela kebesaran agama Islam, memupuk rasa cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Gali Pemahaman Anak Tentang Tata Cara Haji

Dalam konteks pendidikan, Manasik Haji membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran agama Islam. Mereka tidak hanya tahu, tetapi merasakan kehadiran Allah dalam setiap langkah ibadah. Semoga melalui pengalaman ini, generasi muda kita dapat tumbuh menjadi individu yang tak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kuat dalam nilai-nilai keimanan dan keislaman.

Mari kita terus mendukung kegiatan-kegiatan edukatif semacam ini agar anak-anak kita dapat tumbuh menjadi generasi yang mencintai dan mengamalkan ajaran agama dengan sepenuh hati.”

Selanjutnya, Salah satu poin utama yang dijelaskan adalah simulasi perjalanan haji, dimana siswa-siswa terlibat langsung dalam tahapan-tahapan persiapan fisik dan mental seorang jamaah haji.

Mereka diperkenalkan dengan penggunaan pakaian ihram, pengecekan kesehatan, dan pemahaman akan kesiapan seseorang dalam melaksanakan ibadah haji.

Poin selanjutnya yang tak kalah penting adalah simulasi Tawaf dan Sai. Siswa-siswa secara penuh semangat melibatkan diri dalam replika Ka’bah, mengelilinginya seperti yang dilakukan oleh jamaah haji di Makkah, dan melaksanakan Sai antara bukit Shafa dan Marwah. Aktivitas ini membantu siswa merasakan kekhidmatan dan kekhusyukan yang terkandung dalam dua ritual penting tersebut.

Merasakan Kekhusyukan Haji

Selain itu, dalam praktek Manasik Haji di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan, siswa-siswa juga diajak untuk membaca doa-doa haji. Poin ini mengarah pada pemahaman doa-doa yang biasa dibaca oleh jamaah haji selama perjalanan ibadah mereka. Momen ini menjadi kesempatan bagi siswa untuk menggali kedalaman spiritual dalam berdoa dan merasakan kebersamaan dengan Allah SWT.

Pemaparan rukun dan syarat haji merupakan poin lain yang tak terpisahkan dari praktek Manasik Haji di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan ini.

Guru-guru memberikan penjelasan mendalam mengenai rukun-rukun ibadah haji serta syarat-syarat agar ibadah haji dianggap sah. Hal ini membantu siswa memahami tanggung jawab dan persiapan yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji dengan benar.

Dengan pengalaman langsung melalui praktek Manasik Haji pada siswa kelas 6 SDIT Ulul Albab Pekalongan ini, diharapkan tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tentang ibadah haji, tetapi juga mengalami secara nyata makna dan kekhusyukan dalam melaksanakan kegiatan ibadah haji sesungguhnya.***

Info lengkap tentang SDIT Ulul Albab Pekalongan :

Youtube : https://youtu.be/wE_zY-k46iU?si=5xvCBoZM2RjbDrL-

Website PPDB : https://alummahpekalongan.org/ppdb/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *