Kabar Sekolah

Membentuk Generasi Beriman dan Bertakwa : Pembelajaran Sentra IMTAQ di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah – Pendidikan anak memiliki peran penting dalam membentuk fondasi perkembangan anak. Salah satu pendekatan yang semakin mendapatkan perhatian adalah Program Unggulan di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan.

Yaitu Pembelajaran Sentra Imtaq, yang mengacu pada suatu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan spiritual, moral, dan nilai-nilai keimanan dalam proses pendidikan islam.

Imtaq merupakan singkatan dari Iman (keimanan) dan Taqwa (ketakwaan), sehingga pembelajaran sentra imtaq bertujuan untuk memperkuat aspek-aspek keagamaan dan moral dalam diri peserta didik.

Dalam konteks ini, artikel berikut memberikan pengertian, penjelasan, serta manfaat dari pembelajaran sentra imtaq di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan.

Pembelajaran sentra imtaq adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pengembangan aspek spiritual, moral, dan keagamaan peserta didik sesuai dengan ajaran islam. Yang dimana, iman dan taqwa menjadi fokus utama untuk membangun karakter dan kepribadian yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan.

Pembelajaran sentra imtaq tidak hanya memasukkan aspek-aspek keagamaan dalam kurikulum, tetapi juga merancang metode pembelajaran yang secara khusus menekankan pengalaman spiritual dan pengenalan nilai-nilai keimanan.

Guru dalam pembelajaran ini berperan sebagai fasilitator yang membimbing peserta didik dalam memahami dan menginternalisasi ajaran-ajaran agama islam serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran sentra imtaq dapat melibatkan kegiatan-kegiatan seperti membaca  kitab suci Al Quran, menanamkan nilai makna kehidupan, mengajarkan terkait amal perbuatan dalam agama islam, dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung pengembangan spiritual peserta didik.

Berikut poin-poin manfaat dalam pembelajaran sentra imtaq RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan:

Anak-anak diajak untuk mengenal dan mencintai Allah SWT melalui pembelajaran IMTAQ. Ini membantu mereka membangun hubungan yang kuat dengan Tuhan sejak usia dini.

  • Pendidikan Moral dan Etika Islam:

Pembelajaran IMTAQ di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan memberikan dasar moral dan etika Islam kepada anak-anak. Mereka diajarkan nilai-nilai kebaikan, kejujuran, kesabaran, dan sikap-sikap positif lainnya yang sesuai dengan ajaran Islam.

  • Pembentukan Karakter Islami:

Pembelajaran IMTAQ membantu dalam pembentukan karakter Islami, termasuk sifat-sifat seperti keikhlasan, ketekunan, rendah hati, dan sikap positif lainnya sesuai dengan ajaran Islam.

  • Pengenalan terhadap Ajaran Islam:

Anak-anak dikenalkan dengan prinsip-prinsip dasar Islam, seperti rukun iman, rukun Islam, dan tata cara ibadah. Ini membentuk dasar pemahaman mereka tentang agama islam dan memberikan landasan kuat untuk pemahaman agama yang lebih mendalam di masa depan.

  • Peningkatan Kesadaran Moral dan Sosial:

Pembelajaran IMTAQ tidak hanya berfokus pada hubungan individu dengan Tuhan, tetapi juga membimbing anak-anak untuk memahami tanggung jawab sosial mereka terhadap sesama, mengajarkan mereka untuk menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat.

  • Penanaman Sikap Toleransi dan Kepedulian:

Anak-anak diajarkan untuk menghargai perbedaan dan memahami makna toleransi dalam Islam. Hal ini membantu mereka menjadi individu yang dapat hidup harmonis dalam masyarakat yang beragam.

  • Persiapan Mental dan Emosional:

Pendidikan IMTAQ di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan membantu anak-anak mengembangkan ketahanan mental dan emosional, membantu mereka menghadapi tantangan hidup dengan sikap yang positif dan optimis.

  • Kepekaan Terhadap Lingkungan Sekitar:

Anak-anak diajarkan untuk menjadi penjaga lingkungan, menjaga kebersihan, dan menghormati alam sekitar sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah yang menciptakan segalanya.

  • Pembentukan Akhlak Mulia:

Pembelajaran IMTAQ fokus pada pembentukan akhlak yang mulia, membimbing anak-anak untuk menjadi individu yang berbudi pekerti baik, sopan santun, dan peduli terhadap kepentingan orang lain.

  • Landasan Kuat untuk Pendidikan Selanjutnya:

Pembelajaran IMTAQ di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan memberikan landasan kuat untuk pemahaman agama yang lebih mendalam di tingkat pendidikan selanjutnya. Anak-anak akan lebih siap untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam secara lebih kompleks.

Pembelajaran sentra imtaq memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Melalui pendekatan ini, diharapkan peserta didik tidak hanya mampu meraih keberhasilan akademis, tetapi juga tumbuh menjadi individu yang peduli terhadap sesama dan memiliki integritas moral yang tinggi.***

Bagi yang ingin tau lebih lanjut, bisa klik dan simak video dibawah ini  :

RAIT Ulul Albab Pekalongan : https://youtu.be/s0iYvexGUNQ?si=-wAM6YikEtYiPSQI

TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan : https://youtu.be/BCXzvGrSnYg?si=vRNMDXd0g-zMHvib

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *