Artikel

Mengubah Rasa Insecure menjadi Bersyukur, 5 Tips Lengkap Cara Mengatasinya

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah Setiap orang pasti pernah merasakan insecure. Entah itu karena kekurangan yang dimiliki, ataupun ketika melihat orang lain selalu berhasil meraih pencapaian sementara kita tidak.

Selain itu juga terkadang muncul rasa ingin mencapai kesempurnaan, baik kesempurnaan materi tingkat intelektual, maupun juga fisik.

Jika tidak sesuai dengan apa yang menjadi standar umum biasanya akan membuat orang tidak percaya diri dan berujung dengan rasa insecure.

Bentuk tubuh, warna kulit, jodoh, pekerjaan dan semacamnya yang  biasa dilihat dan dipandang oleh masyarakat akan dikatakan buruk apabila tidak mencapai standar umum pada era sekarang.

Semua itu muncul karena membandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain. Dirinya fokus dengan kekurangan tanpa melihat kelebihan dan potensi yang ada di dalam diri tiap orang.

Ubah Insecure dengan Bersyukur

Pada dasarnya insecure sendiri adalah pertanda bahwa kita memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik juga dibanding orang lain. 

Akan tetapi, memendam rasa insecure bukan hal yang baik. Ada saatnya dimana kita harus mengubah perasaan insecure yang dimiliki dengan sebuah rasa bersyukur. 

Nah, pada artikel ini akan membahas, bagaimana merubah rasa insecure tersebut menjadi rasa syukur. Berikut 5 tips nya :

1. Fokus pada kelebihan yang dimiliki

Dari pada capek-capek dan tidak akan ada habisnya memikirkan kekurangan, fokuslah pada kelebihan yang kita punya. 

Sekecil apa pun itu, tidak semua orang punya kelebihan seperti yang kita miliki. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai mengembangkan dan mengasah kelebihan tersebut dan menjadikannya sebagai potensi yang kita miliki.

Nantinya rasa insecure sendiri akan bisa berubah menjadi perasaan syukur karena pada akhirnya kita jadi menemukan potensi diri kita, yang mungkin akan membawa kita menuju kesuksesan. 

2.Selalu berusaha melihat hikmah dari apa pun yang terjadi

Cobalah untuk mulai berhenti mengeluh. Apa pun kejadian dan masalah yang datang, selalu usahakan untuk melihat dari sisi lain. Sehingga kita akan berhenti merasa begitu rendah diri dan seolah selalu sial. 

Dengan melihat sisi positifnya, maka masalah apa pun yang datang, atau kekurangan apa pun yang kita miliki akan terasa lebih baik. Kita jadi mampu bersyukur dengan semua yang dimiliki dan dialami.

3.Mengisi diri dengan energi positif

Isilah diri kita dengan energi positif. Caranya, mulailah dengan membaca buku dan mengikuti akun-akun motivasi di media sosial. Jangan biarkan apa yang kita lihat sehari-hari hanyalah soal orang yang mengeluh dan terus membagikan energi negatifnya.

Mengisi diri dengan hal positif mendatangkan kemudahan bagi kita untuk lebih bersyukur. Segala sesuatu yang terjadi membuat kita selalu melihat dari sisi positifnya.

4.Meningkatkan rasa cinta diri dan kepercayaan diri

Rasa cinta terhadap diri merupakan sesuatu yang wajib kita pupuk terus menerus demi melawan rasa insecure yang mungkin muncul.

Dengan terus menambah rasa cinta diri, maka kepercayaan diri pun akan semakin meningkat. Tidak ada lagi waktu bagi kita untuk insecure dengan semua kekurangan yang dipunya.

Tidak ada yang salah dengan mencintai diri sendiri, lho. Justru orang yang tidak punya keinginan untuk mencintai dirinya sendirilah yang patut dipertanyakan. 

Meskipun insecure itu wajar dan pasti pernah dialami siapa saja, bukan berarti dia bisa dibiarkan ada tertanam dalam hati kita. Mulailah berusaha untuk menghilangkan rasa insecure tersebut dan menggantinya dengan rasa syukur. Maka hari-hari kita pasti akan terasa lebih indah.***

Sumber :

https://youtu.be/LroZ6Dd-zP8?si=58sYJUaeU4YuYwCW

https://youtu.be/yzVbC6W9cMI?si=eMawDmWvtIoop-tE

https://youtu.be/QO09QARMTbc?si=g_IWh9hHTrtClSm5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *