Kabar Sekolah

Optimalisasi Pembelajaran Sentra di TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan, Simak Selengkapnya

Bagikan Ke :

Yayasan Al UmmahTKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan telah berhasil mengoptimalkan metode pembelajaran sentra sebagai pendekatan utama dalam mengejar visi dan pendidikannya.

Dengan memfokuskan perhatian pada peserta didik, TKIT Ulul Albab 2 telah menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan responsif terhadap kebutuhan individu siswa.

Sebelum masuk ke dalam penjelasan detail, perlu kita ketahui Metode Sentra di TKIT Ulul Albab 2 itu apa?

Proses pembelajaran di TKIT Ulul Albab 2 mengusung prinsip belajar melalui bermain, yang dimana tujuan nya anak merasa nyaman dan senang untuk belajar. Serta menanamkan sikap sosial, sopan santun, akhlak yang baik terhadap lingkungan sekitarnya .

Selain itu juga, TKIT Ulul Albab 2 menyusun kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan pada anak sesuai dengan usianya.

Memastikan setiap anak mendapatkan kebutuhan yang sama dalam pendidikan dan lingkungan sosial.

Program unggulan TKIT Ulul Albab 2 yaitu pembelajaran Al Quran setiap hari, terdiri dari Qiroati dan Tahfidh. Setiap hari anak berinteraksi dengan Al Quran dengan cara membaca dan menghafalkannya, agar menumbuhkan nilai kecintaan terhadap Al Quran.

Selanjutnya, Bagi yang penasaran dan ingin mengenal lebih dalam terkait metode pembelajaran sentra yang ada di TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan, simak artikel ini hingga akhir.

Berikut penjelasan terkait metode pembelajaran sentra yang ada di TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan.

Pembelajaran di TKIT Ulul Albab 2 :

Sistem pembelajaran di TKIT Ulul Albab 2 sendiri, mengoptimalkan dan menggunakan sistem pembelajaran sentra.

Setiap anak di TKIT Ulul Albab 2 adalah individu yang unik, kreatif dan aktif dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran sentra adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada kegiatan belajar yang berpusat pada peserta didik.

Dalam konteks pembelajaran sentra, guru berperan sebagai fasilitator yang mendukung eksplorasi dan pemahaman siswa, sementara siswa didorong untuk mengembangkan kemandirian, berkolaborasi dengan teman sekelas, dan terlibat dalam berbagain aktivitas pembelajaran yang bervariasi.

TKIT Ulul Albab 2 menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa, membentuk fondasi kuat untuk pengembangan mereka dalam menghadapi tuntutan masa depan.

Macam-macam Metode Sentra TKIT Ulul Albab 2 :

  1. Sentra Balok

Pembelajaran metode sentra balok pada anak merupakan suatu pembelajaran melalui bermain dengan pendekatan yang kreatif dan efektif untuk merangsang perkembangan kognitif, motorik, dan sosial anak-anak pada usia pra-sekolah.

Metode ini berfokus pada penggunaan balok sebagai alat pembelajaran utama, memberikan peluang bagi anak-anak untuk belajar melalui sentuhan, eksplorasi, dan kreativitas.

  1. Sentra Persiapan

Pembelajaran metode sentra persiapan pada anak  merupakan pusat kegiatan pembelajaran anak melalui bermain untuk mengenal tulisan, angka, dan berhitung.

Pendekatan ini dirancang khusus untuk membantu anak-anak prasekolah dalam mempersiapkan keterampilan dan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk memasuki tingkat pendidikan berikutnya.

  1. Sentra Main Peran

Pembelajaran metode sentra main peran pada anak  memberikan pendekatan yang kreatif dan interaktif untuk membangun berbagai keterampilan dan pemahaman pada tahap perkembangan prasekolah.

Berfokus pada permainan peran, metode ini membantu anak-anak untuk belajar melalui pengalaman langsung dan berpartisipasi aktif.

  1. Sentral IMTAQ

Pembelajaran metode sentra IMTAQ (Iman, Moral, Takwa) pada anak merupakan suatu pendekatan yang holistik untuk membangun karakter, nilai-nilai keagamaan, dan etika moral pada anak-anak sejak usia dini.

Berfokus pada pengembangan dimensi iman dan moral, metode ini bertujuan untuk membentuk anak-anak yang berakhlak mulia, berintegritas, dan penuh rasa takwa. Serta menanamkan kecintaan terhadap Al Quran kepada anak.

  1. Sentra Seni

Pembelajaran metode sentra seni pada anak adalah suatu pendekatan yang kreatif dan berorientasi pada pengembangan ekspresi artistik serta imajinasi anak-anak. Metode ini membawa seni ke dalam pusat perhatian pembelajaran dan memberikan anak-anak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan seni, rasa kreativitas, dan ekspresi diri.

  1. Sentra Bahan Alam

Pembelajaran metode sentra bahan alam pada anak menghadirkan pengalaman belajar yang berfokus pada pengenalan dan eksplorasi bahan-bahan alam sebagai sumber pembelajaran.

Metode ini bertujuan untuk menghubungkan anak-anak dengan alam sekitarnya, membangkitkan rasa keingintahuan, serta memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Dengan memahami konasep pembelajaran sentra di TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan , tampaknya pendekatan ini memiliki dampak positif yang signifikan pada pengembangan anak-anak.

Pembelajaran sentra tidak hanya merangsang keterampilan akademis, tetapi juga mempromosikan kemandirian, kreativitas, dan keterlibatan sosial.

Peserta didik tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga menjadi pembuat pengetahuan aktif yang dapat beradaptasi dengan berbagai konteks dan tantangan.

Selain itu, metode ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, di mana perbedaan individual dihargai dan diperhitungkan.

Oleh karena itu, implementasi pembelajaran sentra di berbagai tingkat pendidikan, termasuk di tingkat TKIT Ulul Albab 2, memberikan dasar yang kokoh untuk mengembangkan potensi anak-anak secara menyeluruh.

Dengan terus menggali potensi dan mengoptimalkan metode ini, kita dapat memberikan fondasi pendidikan yang lebih baik dan merangsang perkembangan holistik generasi mendatang.***

Bagi yang ingin mengetahui lebih lengkap :

Youtube – https://youtu.be/BCXzvGrSnYg?si=oLShNu8ujkxIMRPI

Instagram – https://www.instagram.com/tkitululalbab.2?igsh=MTQ4YTJ2OWtmbG1maQ==

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *