Kabar SekolahSosial

Orientasi Pegawai Baru YP2SI Al Ummah

Bagikan Ke :

Selasa, 30 November 2021

YP2SI Al Ummah menyelenggarakan kegiatan orientasi pegawai, yang diikuti oleh 23 orang pegawai baru. Peserta kegiatan orientasi ini adalah para pendaftar yang berhasil lolos dalam proses rekrutmen pegawai akhir November yang rencananya akan ditempatkan di lingkungan Al Ummah, baik di unit pendidikan maupun di unit supportnya (U-mart dan LAZIS Al Ummah). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Lab IPA SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para calon pegawai supaya siap dan mampu beradaptasi saat diterjunkan ke bidang tugasnya masing-masing.

Kegiatan orientasi ini terdiri dari 3 sesi materi. Pada sesi pertama Drs Bambang Subekti, kepala Badan Pengelola Harian YP2SI Al Ummah, memaparkan sejarah dan visi misi Al Ummah. Harapannya semua pegawai di lingkungan yayasan memahami dan menginternalisasi visi yayasan yaitu menjadi lembaga penyelenggara pendidikan dan dakwah Islam terkemuka dan modern yang mencerahkan dan mencerdaskan kehidupan umat Islam dan bangsa Indonesia guna membentuk masyarakat Indonesia yang beriman, berilmu, beramal menuju izzul Islam wal muslimin.

Profesionalisme adalah tema materi yang kedua yang disampaikan oleh kepala bagian pendidikan BPH, Anna Agustina, S.Pd. Para pegawai diberi motivasi untuk selalu mengedepankan profesionalitas dengan melaksanakan SOP pekerjaannya . Itqon (profesional) dan ihsan (merasa selalu diawasi Allah) harus diaplikasikan dalam setiap kerja yang dilakukan. “Sedikitnya ada 5 ciri seseorang dikatakan profesional, yaitu 1) bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar; 2) memiliki pengetahuan tentang pekerjaannya; 3) menguasai keterampilan untuk mengerjakan tugasnya; 4) memiliki motivasi dan citra untuk menyempurnakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya; dan 5) memiliki otoritas dalam ketuntasan dan kepuasan atas pekerjaannya sendiri.” tutur Anna Agustina, S.Pd.

Setelah break ishoma, peserta kembali ke ruangan untuk mengikuti sesi ketiga, materi Aturan dan Tata Tertib Pegawai. Pada sesi ini, dijelaskan semua aturan dan budaya kerja yang dibangun, serta mekanisme jenjang karir yang bisa dicapai oleh semua pegawai. Harapannya hal ini bisa menjadi gambaran awal setiap pegawai untuk memahami hak, kewajiban, serta larangan dalam mengabdi di yayasan Al Ummah Kota Pekalongan.

Di akhir kegiatan para peserta memberikan feedback atas materi-materi yang diikuti. “Alhamdulillah, masyaAllah… baru kali ini saya mengetahui ada sebuah lembaga yang begitu concern dalam membentuk kepribadian islami, tidak hanya untuk para guru dan murid-muridnya, tetapi juga untuk semua pegawai yang bekerja di dalamnya. Mulai dari ibu dapur, petugas laundry, petugas kebersihan, dan lainnya”, ucap Riri Astria, salah satu peserta orientasi pegawai.

2 komentar pada “Orientasi Pegawai Baru YP2SI Al Ummah

  • Apakah laz al ummah masih membutuhkan tenaga Fundraising?

    Balas
  • Assalaamu’alaikum,,,
    Untuk informasi lowongan kerja, bisa langsung melalui wa.me//+621545942857

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *