Artikel

Pintu Keberkahan: Keutamaan Membaca Al-Kahfi di Hari Jum’at

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah – Salah satu amalan sunnah pada hari Jumat adalah membaca surah Al Kahfi. Surah ini mengisahkan tentang ashabul kahfi hingga Zulkarnain, Yakjuj dan Makjuj.Al Kahfi merupakan surah ke-18 dalam urutan mushaf Al-Qur’an yang terdapat dalam juz 15. Surah ini pertama kali diturunkan di Kota Mekkah.

Surat Al-Kahfi memiliki kedudukan yang istimewa. Surat yang tergolong dalam juz ke-15 ini mengandung berbagai kisah inspiratif dan pelajaran berharga yang menjadi sumber pencerahan bagi setiap pembacanya. Dalam ajaran Islam, membaca Surat Al-Kahfi memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang diyakini oleh umat Muslim.

Dari perlindungan terhadap fitnah Dajjal hingga penambah amalan baik, Surat Al-Kahfi dianggap sebagai surat yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Diceritakan, mereka mendapatkan berbagai macam cobaan, seperti siksa badan, kekurangan dari segi material, kelaparan, kehausan, disingkirkan masyarakat, dan diperangi dalam perdagangan dan pencarian nafkah.

Salah seorang pemuda di antara mereka kemudian berinisiatif untuk meninggalkan Mekkah dan melindungi agama Islam ke tempat lain yang lebih aman. Di mana mereka bisa lebih leluasa untuk menyembah Allah SWT.

Kaum muslimin di sana merasa kesusahan jika Allah SWT tidak mengizinkan hal tersebut. Mereka juga sangat cinta kepada Rasulullah SAW dan ingin beriman kepadanya. Mereka takut jika akan berpisah dengan Rasulullah SAW.

Maka, diturunkanlah surat Al Kahfi yang menjelaskan tentang kisah pemuda-pemuda yang beriman tersebut dan keinginannya untuk hijrah.

Dalil keutamaan membaca Surat Al-Kahfi terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan menjadi cahaya baginya di antara dua Jumat.” (HR. Muslim)

Hadis ini menegaskan bahwa membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan memberikan cahaya atau penerangan bagi pembacanya hingga ke Hari Jumat berikutnya. Ini menunjukkan pentingnya membaca Surat Al-Kahfi pada hari itu sebagai amalan yang diberkahi dan dapat membawa manfaat spiritual bagi orang yang melakukannya.

Membaca Surah Al Kahfi akan Tersinari Kelak di Hari Kiamat

Umat Islam dianjurkan untuk membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat. Keutamaan membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat ini disebutkan dalam sejumlah riwayat. Salah satunya dalam riwayat An Nasa’i dan Baihaqi bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami’.).

Dalam riwayat lain disebutkan, menghafal sepuluh ayat pertama surah Al Kahfi akan terhindar dari fitnah Dajjal. Dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Darda’ RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).” (HR. Muslim).

Selanjutnta, kita akan menjelajahi berbagai poin manfaat dan keutamaan yang terkandung dalam membaca Surat Al-Kahfi, serta pentingnya amalan ini dalam memperkokoh iman dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Beberapa manfaat utama dari membaca Surat Al-Kahfi antara lain:

Perlindungan dari Fitnah Dajjal: Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menyatakan bahwa siapa pun yang membaca Surat Al-Kahfi akan mendapat perlindungan dari fitnah Dajjal. Dengan membaca surat ini secara rutin, umat Muslim dapat memperkuat iman mereka dan melindungi diri dari tipu daya Dajjal.

Penambah Amalan Baik: Membaca Surat Al-Kahfi dianggap sebagai amalan yang baik di mata Allah SWT. Setiap huruf yang dibaca akan mendatangkan pahala yang besar, sehingga membaca Surat Al-Kahfi secara rutin dapat menjadi penambah amalan baik bagi seseorang.

Pencerahan dan Hikmah: Surat Al-Kahfi mengandung berbagai kisah dan pelajaran yang memberikan pencerahan bagi pembacanya. Kisah-kisah dalam surat ini, seperti kisah Ashabul Kahfi (Pemuda-pemuda yang berlindung di gua) memberikan hikmah dan pelajaran yang berharga tentang keimanan, kesabaran, dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan.

Menghadirkan Barakah: Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, dijanjikan membawa berkah dan cahaya bagi pembacanya hingga ke hari Jumat berikutnya. Ini adalah salah satu manfaat khusus dari membaca Surat Al-Kahfi yang dilakukan pada hari Jumat.

Pembersih Dosa: Membaca Surat Al-Kahfi juga dianggap sebagai sarana untuk membersihkan diri dari dosa-dosa. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa membaca surat ini secara rutin dapat membantu membersihkan dosa-dosa yang telah dilakukan.

Dengan memperhatikan penjelasan dan manfaat-manfaat tersebut, membaca Surat Al-Kahfi secara rutin dapat menjadi bagian penting dari ibadah dan ketaatan seseorang kepada Allah SWT, serta menjadi sarana untuk mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari fitnah-fitnah dunia.

Dakwah islam lainnya bisa simak dan klik link – http://www.youtube.com/@yayasanalummah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *