Artikel

Tugas Orangtua Tidak Cuma Membesarkan Anak, Tapi Juga Menjadi Calon? Simak Faktanya

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah – Beberapa orangtua saat ini hanya berfokus untuk membesarkan anaknya dengan mengikuti alur usia anak tersebut.

Membesarkan anak bukan perkara yang mudah, terutama ketika mendampingi anak melalui masa remajanya yang penuh tantangan. Meskipun begitu, memiliki anak merupakan anugerah terbaik .

Tugas mendidik anak ini juga rupanya tak boleh hanya dibebankan pada satu pihak saja, misalnya tugas Ibu sepenuhnya atau tugas Ayah sepenuhnya.

Tentunya, setiap orang tua memiliki perannya masing-masing dan porsi yang berbeda.

Dalam proses membesarkan anak, ternyata tidak hanya “membesarkan saja”. Faktanya, banyak yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan dalam proses membesarkan anak. Dengan tujuan nantinya anak siap menghadapi kondisi lingkungan dan status sosial yang akan dihadapi saat usianya tiba.

Anak dan Perannya Nanti

Pada artikel ini akan membahas secara lengkap terkait tugas orang tua tidak cuma membesarkan anak saja, namun juga mempersiapkan anak menjadi calon. Nah, calon apa sajakah itu?

1.Anak Akan Menjadi Calon Murid

Pastinya anak akan menempuh proses jenjang pendidikan, yang di mana tentunya orang tua perlu mengajarkan terkait cara menghormati guru, sopan santun, dan juga berfikir kritis. Sehingga anak siap ketika akan menduduki jenjang pendidikan nantinya.

2.Anak Akan Menjadi Calon Teman

Akan hadir fase anak akan menjadi teman, ataupun sebaliknya, dimana anak akan memiliki teman di lingkungan sekelilingnya. Sehingga  anak perlu diajarkan terkait cara memilih pergaulan yang tulus dan positif.

3.Anak Akan Menjadi Calon Suami/Istri

Ketika menginjak dewasa, tentunya anak akan memiliki dan menjadi pasangan. Dimana pada fase ini anak nantinya perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesetiaan dan berbagi tugas, dan mengembang tanggungjawab.

4.Anak Akan Menjadi Calon Pemimpin

Orang tua perlu mengajarkan terkait nilai-nilai integritas, tepat janji, dan sikap adil tanpa mendikriminasi. Hal ini nantinya akan diterapkan ketika anak menjadi seorang pemimpin di lingkungannya

5.Anak Akan Menjadi Calon Ayah/Ibu

Pada masanya, anak akan menjadi orangtua. Yang dimana perlu diterapkan dan diajarkan terkait nilai teladan pola asuh positif dan penuh cinta.

6.Anak Akan Menjadi Calon Pekerja/Wirausaha

Orangtua perlu menanamkan nilai pentingnya kejujuran, disiplin dan kegigihan kepada anak. Sehingga, anak dapat menerapkan ketika dewasa kelak.

Itulah terkait beberapa poin yang perlu diperhatikan dan diterapkan ketika membesarkan seorang anak. 

Sehingga tidak hanya membesarkan saja, namun ditanamkannya nilai nilai sifat yang memberikan contoh baik ketika pada masa nya nanti anak menjadi calon dilingkungannya.baik dari bayi hingga dewasa, Semoga bermanfaat.***

Sumber : 

Instagram : https://www.instagram.com/p/C1Tj76mPE_z/?igsh=OGR1YXc1cHYwdjBu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *