Kabar Sekolah

Yayasan Al Ummah Gelar Sertifikasi Khusus Guru Al Qur’an

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah, 18 Mei 2024 – YP2SI Al Ummah mengadakan acara sertifikasi guru Al-Qur’an bertema “Mulia Bersama Al Qur’an”. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam, terkhusus dalam pembelajaran Al Quran. Acara ini berlangsung di PPTQ Assalaam Boarding School Pekalongan. Sebanyak 80 guru Al-Qur’an dari berbagai unit pendidikan di lingkungan Al Ummah mengikuti acara ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua YP2SI Al Ummah, Bapak Arif Prabowo, S.E. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya peran guru Al-Qur’an. Guru adalah pewaris para Nabi dalam mengajarkan Al Qur’an dan menanamkan nilai-nilai Al Qur’an pada anak-anak kita.

“Siapapun dan apapun yang berhubungan dan berinteraksi dengan Alquran maka akan menjadi mulia dan mendapatkan derajat yang tinggi. Al quran diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril. Maka Malaikat Jibril menjadi sayyidul malaikah (penguhulu para malaikat) dan menjadi malaikat yang paling mulia. Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Maka Rasulullah menjadi sayyidul ambiya’ wal mursalin (pemimpin para nabi dan rasul) dan menjadi manusia yang paling mulia. Semakin tinggi perhatian kita terhadap Alquran, semakin tinggi Allah SWT memuliakan kita,” ujar Ketua Yayasan Al Ummah dalam sambutannya.

Acara sertifikasi ini merupakan salah satu upaya Yayasan Al Ummah untuk memastikan bahwa pengajaran Al-Qur’an dilakukan oleh tenaga pengajar yang kompeten dan berintegritas. Dalam sesi pelatihan yang sudah diselenggarakan bulan Oktober 2023, para peserta diberikan berbagai materi yang mencakup metode pengajaran Al-Qur’an serta nilai-nilai akhlak yang harus ditanamkan kepada para murid.

Sertifikasi ini bukan hanya tentang mendapatkan pengakuan resmi, tetapi juga meningkatkan kualitas pengajaran guru Qur’an di lingkungan Yayasan Al Ummah. Dengan pemahaman yang lebih mendalam, para guru bisa mengajar Al-Qur’an dengan lebih baik dan menginspirasi murid-murid kami untuk mencintai dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an.

Tema “Mulia Bersama Al Qur’an” diangkat untuk mengingatkan bahwa setiap upaya dalam memuliakan Al-Qur’an, baik melalui pengajaran maupun pengamalan, akan memberikan keberkahan dan kemuliaan. Hal ini sejalan dengan hadits Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an.

Dengan adanya sertifikasi ini, diharapkan para guru Al-Qur’an dapat lebih profesional dalam menjalankan tugasnya dan semakin banyak generasi muda yang tumbuh dengan mencintai dan memahami Al-Qur’an secara mendalam.

Reporter: M. Irfanto
Foto : M.Irfanto
Editor: Shofiyatul Amal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *