YP2SI Al Ummah Gelar Kajian Kurikulum Sekolah Untuk Memahami Kurikulum Merdeka Belajar Secara Utuh

Perkembangan Kurikulum di Indonesia cukup dinamis, melalui kebijakan Kementrian Pendidikan terbaru pada tahun 2022 yaitu dengan disosialisasikannya Kurikulum Merdeka belajar untuk menjawab tantangan sekaligus kebutuhan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia. Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Insani Al Ummah (YP2SI Al Ummah) adalah lembaga yang mempunyai visi mewujudkan pengelolaan lembaga pendidikan secara professional mencoba menangkap kebijakan ini dengan menumbuhkan sikap aktif menelaah kebijakan terbaru dari Kementrian Pendidikan agar lembaga segera bisa melakukan penyesuaian dalam melakukan pengelolaan pendidikan. Untuk itu, YP2SI Al Ummah menyelenggarakan Kajian Kurikulum Sekolah dengan tema Sosialisasi dan Langkah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah pada hari Jumat dan Sabtu, 18-19 Maret 2022.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua YP2SI Al Ummah, Arif Prabowo, S.E. sekaligus membuka kegiatan dengan inspirasi tentang pendidikan dan peran guru. Sambutan kedua sekaligus pemaparan materi tentang arah kebijakan kurikulum kota Pekalongan disampaikan oleh Kabid Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Unang Suharyogi, S.Pd, MM. Dra. Erwin Roosilawati, M.Pd dari LPMP Wilayah Jawa Tengah yang bertindak sebagai narasumber utama kegiatan ini mengupas tuntas kebijakan kurikulum terbaru beserta perangkat turunan yang merupakan modal bagi sekolah untuk menentukan langkah implementasi kurikulum tersebut sesuai fase sekolah masing-masing.

Dengan digelarnya kegiatan Kajian Kurikulum ini, harapannya mampuĀ  memberikan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka Belajar sekaligus gambaran langkah-langkah implementasinya bagi satuan pendidikan sehingga mampu mewujudkan program pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik, mulai dari jenjang PAUD, SD, dan SMP.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *