Artikel

Bunda Kumpul Yuk! 4 Aktivitas Sensori yang Mengasyikkan untuk Si Kecil

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah – Mengembangkan indera sensori pada anak merupakan bagian penting dalam proses perkembangan mereka. Aktivitas sensori memungkinkan si kecil untuk menjelajahi dunia di sekitar mereka melalui penggunaan panca indera mereka, seperti sentuhan, penglihatan, penciuman, pendengaran, dan rasa.

Melalui berbagai stimulasi sensori, anak-anak dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang lingkungan, mengembangkan keterampilan motorik halus, serta merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa aktivitas sensori yang menyenangkan dan bermanfaat bagi perkembangan si kecil.

Seperti yang kita tahu bahwa permainan Sensori adalah permainan yang bertujuan mengasah kelima indra anak, tentunya banyak hal yang yang akan dilakukan para orang tua untuk mengasah sensoriĀ  anak.

Lewat 4 ide permainan sensori ini tentunya anak akan secara perlahan lahan terasah perkembangan kelima indranya.

Adapun 4 ide permainan sensori motorik anak tersebut yaitu:

1. Melukis bebas

Ide pertama permainan sensori anak yaitu melukis bebas, Ajar anak mengeksplorasi ide -ide untuk menghasilkan bentuk, kombinasi warna, dan pola gambar. Yang akan dituangkan kedalam lukisan mereka.

2. Bercocok tanam

Ide kedua permainan sensori anak yaitu bercocok tanam. Kegiatan bercocok tanam seperti menggali tanah, menempatkan bibit atau biji tanaman, mencium aroma bunga, hingga menyiram tanaman. Dapat membantu menstimulasi panca indra anak.

3. Bermain dengan makanan

Ide ketiga permainan sensori anak yaitu bermainan dengan makanan. Makanan memiliki bentuk,warna,aroma dan tekstur beragam. Sehingga anak dapat meraba, meremas, dan mencicipi tekstur serta bentuk makanan satu persatu.

4. Bermain air berwarna

Ide keempat permainan sensori anak yaitu bermain air berwarna, bermain dengan air merupakan salah satu kegemaran anak. Buatlah air dengan suhu atau warna berbeda-berbeda untuk menstimuli panca indra

Dengan melibatkan si kecil dalam aktivitas sensori yang menyenangkan ini, Anda tidak hanya membantu mereka mengembangkan keterampilan sensori mereka, tetapi juga menciptakan kenangan yang tak terlupakan bersama-sama. Selamat bermain!

Semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi Anda dan si kecil untuk menjelajahi dunia sensori dengan cara yang menyenangkan dan kreatif.***

Untuk informasi selengkapnya terkait Pendidikan Anak, Bisa klik DISINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *