Kabar Sekolah

Mengenal Lebih Dekat Pembelajaran Sentra Balok di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Kota Pekalongan

Bagikan Ke :

Yayasan Al Ummah – Dengan semangat keceriaan dan keingintahuan yang melekat pada setiap anak, pendekatan pembelajaran menjadi kunci utama dalam membuka pintu ke dunia pengetahuan.

Pendidikan anak usia dini memiliki peran krusial dalam membentuk dasar perkembangan anak-anak, dan salah satu metode yang semakin dikenal dan diterapkan adalah pembelajaran sentra balok.

Sentra balok merupakan salah satu metode pembelajaran yang menjadi fokus di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan.

RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan memperkenalkan konsep sentra pembelajaran ini, karena sebuah pendekatan inovatif yang menempatkan anak sebagai subjek pembelajaran.

Metode ini tidak hanya mengajarkan anak-anak mengenai bentuk dan warna, tetapi juga mengembangkan keterampilan kognitif, sosial, dan motorik halus mereka.

Nah bagi yang penasaran terkait metode pembelajaran sentra balok yang diterapkan dalam pembelajaran pada RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan , simak artikel ini hingga akhir.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang pendekatan sentra balok dan dampak positifnya pada perkembangan anak yang diterapkan di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan.

Sebelumnya, Apa itu Metode Sentra Balok?

Metode sentra balok adalah pendekatan pembelajaran di taman kanak-kanak yang memanfaatkan balok kayu atau plastik sebagai alat utama. Balok-balok ini digunakan untuk membantu anak-anak memahami konsep matematika, mengembangkan keterampilan motorik halus, dan merangsang imajinasi mereka. Sambil bermain dengan balok, anak-anak secara alami belajar tentang bentuk, ukuran, hubungan spasial, dan bahkan dasar-dasar geometri.

Pembelajaran sentra balok tidak hanya sebatas menumpuk atau menggabungkan balok, tetapi juga melibatkan aktivitas kolaboratif di antara anak-anak. Dalam proses ini, mereka belajar berbagi, berkomunikasi, dan bekerja sama. Hal ini membantu mengembangkan keterampilan sosial yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari dan membentuk fondasi positif untuk interaksi sosial di masa depan.

Nah Kemudian, Berikut beberapa elemen kunci dari pembelajaran metode sentra balok pada anak :

  • Pengenalan Konsep Matematis:

Melalui penggunaan balok, anak-anak diajak untuk memahami konsep matematis seperti ukuran, bentuk, warna, dan jumlah. Mereka dapat belajar mengklasifikasikan, membandingkan, dan menyusun balok sesuai dengan karakteristiknya di sentra balok.

  • Pengembangan Keterampilan Motorik Halus:

Manipulasi balok memerlukan gerakan tangan yang halus, membantu anak-anak mengembangkan koordinasi mata-tangan dan keterampilan motorik halus. Melalui sentra balok, mereka dapat belajar membangun struktur sederhana, memegang balok dengan benar, dan menggabungkan berbagai bentuk.

  • Stimulasi Kreativitas:

Anak-anak diberikan kebebasan untuk menggunakan balok secara kreatif, membangun berbagai bentuk dan struktur sesuai dengan imajinasi mereka. Hal ini tidak hanya merangsang kreativitas, tetapi juga meningkatkan rasa prestasi dan kepercayaan diri dengan bermain di sentra balok.

  • Pengembangan Bahasa:

Selain mengenali karakteristik balok, anak-anak diajak untuk berkomunikasi dan berbagi ide dengan teman sekelas. Dalam sentra balok, guru dapat mengintegrasikan kegiatan bercerita atau menjelaskan bentuk dan warna balok, meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

  • Kolaborasi dan Sosialisasi:

Metode sentra balok mendorong kerja sama antar anak dalam kelompok, mengajarkan mereka untuk berbagi balok, berkolaborasi dalam membangun struktur, dan belajar bersama-sama. Hal ini mengembangkan keterampilan sosial mereka.

  • Pembelajaran Terpadu:

Guru dapat mengintegrasikan pembelajaran metode sentra balok dengan konsep-konsep lain dalam kurikulum TK, seperti lingkungan, angka, huruf, dan tema-tema tertentu. Hal ini memberikan pengalaman pembelajaran yang holistik dan terpadu.

  • Evaluasi Proses Belajar :

Guru dapat mengamati interaksi anak-anak dengan balok, memahami bagaimana mereka memecahkan masalah, dan melihat perkembangan keterampilan mereka. Evaluasi tersebut dapat membantu guru merancang kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan setiap anak di sentra balok.

Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, pembelajaran metode sentra balok di RAIT dan TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan. dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, serta memberikan landasan penting untuk perkembangan akademis dan sosial mereka.****

Bagi yang ingin tau lebih lanjut, bisa klik dan simak video dibawah iniĀ  :

RAIT Ulul Albab Pekalongan : https://youtu.be/s0iYvexGUNQ?si=-wAM6YikEtYiPSQI

TKIT Ulul Albab 2 Pekalongan : https://youtu.be/BCXzvGrSnYg?si=vRNMDXd0g-zMHvib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *